362 TIM EVALUATOR KEMENPAN RB KUNJUNGI PA BANJARBARU, LANGKAH AKHIR MERAIH PREDIKAT WILAYAH BEBAS KORUPSI WBK.HTML

Arsip Berita

Tim Evaluator Kemenpan RB Kunjungi PA Banjarbaru, Langkah Akhir Meraih Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK)

Banjarbaru - Rabu (20/11/2019) Setelah melalui beberapa tahapan penilaian dalam hal penerapan Zona Integritas pada instansi pemerintah menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Pengadilan Agama (PA) Banjarbaru pun akhirnya dikunjungi oleh Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi untuk melihat langsung implementasi pembangunan Zona Integritas pada PA Banjarbaru.

menpan1
Kedatangan tim evaluator ini untuk menentukan apakah PA Banjarbaru layak atau tidak mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) setelah sebelumnya PA Banjarbaru melalui beberapa tahapan seleksi penilaian yaitu; penilaian eksternal oleh Tim Badan Pengawasan MARI pada tanggal 9 Mei 2019, dilanjutkan dengan penilaian oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjarbaru tanggal 26 Agustus 2019, kemudian teruskan dengan mengikuti desk evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM tanggal 16 September 2019 di Hotel Grand Kemang Jakarta Selatan dimana pada kesempatan tersebut Ketua PA Banjarbaru, Husnawati, S.Ag. M.Sy dan Agen Perubahan yang mendampingi A. Rizqon Faghfirli, SH yang mendapatkan kesempatan mempresentasikan Pembangunan Zona Integritas di hadapan Evaluator Kemenpan RB.

menpan2
Kedatangan Tim Evaluator dari Kemenpan-RB disambut oleh Ketua, Wakil Ketua serta seluruh pegawai PA Banjarbaru. Adapun Tim Evaluator Kemenpan RB yang bertugas untuk melihat langsung implementasi pembangunan Zona Integritas di PA Banjarbaru yakni Galih dan Nisa. Selanjutnya Tim Evaluator mengunjungi ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PA Banjarbaru dan ruang tunggu sidang didampingi oleh Ketua PA Banjarbaru dan tim ZI PA Banjarbaru. Tim evaluator sangat tertarik dengan beberapa inovasi di PA Banjarbaru seperti pendaftaran antrian sidang melalui aplikasi android, mesin antrian pelayanan perkara, serta adanya aplikasi kendali produk Pengadilan. Selain itu, Tim Evaluator juga sangat mengapresiasi ketertiban ruang, himbauan-himbauan anti korupsi dalam bentuk banner, dan kebersihan lingkungan kantor PA Banjarbaru.

menpan3
Dalam kunjungan Tim Evaluator Kemenpan RB, turut hadir wartawan online lokal yang meliput kegiatan tersebut dan mengadakan wawancara langsung dengan Husnawati, S.Ag. M.Sy. Yang dalam keterangannya menjelaskan semoga hasil evaluasi Tim Evaluator Kemenpan RB terhadap implementasi pembangunan Zona Integritas di PA Banjarbaru dapat membuktikan bahwa PA Banjarbaru telah menjadi cerminan instansi pemerintah yang memiliki komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi melalui Reformasi Birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik. (rizqon)


                                                    w3c html 5 w3c wai AAA