SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENGADILAN AGAMA BANJARBARU

297 PTA KALIMANTAN.HTML

Arsip Berita

PTA Kalimantan Selatan Hari Ini Resmi Memiliki Ketua Baru : Nonton Bareng Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan di Mahkamah Agung RI

nonbar

Kamis, tanggal 24 Januari 2019 bertempat di Aula Pengadilan Agama Banjarbaru, keluarga besar Pengadilan Agama Banjarbaru bersama-sama menyaksikan Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan 29 orang Ketua Pengadilan Tingkat Banding 4 Lingkungan Peradilan sekaligus pelantikan pengurus pusat Dharmayukti Karini Makamah Agung oleh Ketua Mahkamah Agung RI yang disiarkan secara live streaming melalui chanel resmi Mahkamah Agung di Youtube.

 

Termasuk didalamnya pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan, Bapak Drs. H. Syarif Usman, S.H., M.H.  Dengan dilaksanakannya acara serah terima palu pimpinan dan memori jabatan, hari ini secara resmi Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan dan Pengadilan Agama se Kalimantan  Selatan memiliki pimpinan tertinggi baru, yang sebelumnya diisi oleh Bapak Dr. H. Muhammad Shaleh, S.H., M.Hum. yang kini telah resmi dilantik sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten.

Acara yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut dilaksanakan di Ruang Prof. Dr. Mr. Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung RI di Jakarta, dihadiri oleh segenap pejabat tinggi di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Pengadilan Tingkat Banding dari seluruh Indonesia serta Pengurus dan Anggota Dharmayukti Karini Mahkamah Agung.

Setelah prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan selesai,  dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H., mengucapkan selamat kepada 29 orang Ketua Pengadilan tingkat banding dari 4 lingkungan peradilan yang baru dilantik dan diambil sumpah dan juga ucapan selamat kepada para pengurus pusat Dharmayukti Karini Mahkamah Agung.

Mahkamah Agung percaya bahwa para Ketua Pengadilan Tingkat Banding yang baru saja dilantik adalah insan peradilan terbaik yang layak untuk dibebankan amanah mulia karena tugas Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding dewasa ini tidak lah semakin ringan “Dengan telah dilantiknya Saudara sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding, Saudara harus sadar bahwa saudara adalah bagian dari organisasi yang bertransformasi ke arah organisasi yang modern, transparan, akuntabel dan profesional” ucap beliau.

Ketua Mahkamah Agung berharap kepada Ketua Pengadilan Tingkat Banding untuk dapat menunjukan karakter dirinya sebagai panutan / role model yang baik terhadap para hakim serta seluruh aparatur peradilan yang menjadi tanggung jawab pembinaan dan pengawasannya.

Mahkamah Agung telah banyak mengeluarkan kebijakan untuk membantu pencari keadilan dalam mengatasi hambatan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik diantaranya melalui Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Namun masih harus terus menjadi objek pemantauan dan harus selalu ditingkatkan oleh seluruh aparatur peradilan. Selain itu Mahkamah Agung juga senantiasa berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk aparatur peradilan dibawahnya, salah satunya dengan telah di lanching nya Aplikasi SIKEP versi 3.1.0 dan sistem E-Competensi Assessment.

Ketua Mahkamah Agung juga menghimbau kepada para isteri hakim khususnya isteri Ketua Pengadilan Tingkat Banding yang baru dilantik untuk dapat selalu mendampingi suaminya dimanapun bertugas. Selain sebagai teman dalam berbagi beban pikiran pekerjaan, peran isteri juga sangat penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental suami karena dapat memberikan perhatian, dapat mengontrol gaya hidup, mampu menjaga kesehatan jasmani dan rohani suami dengan cara mengajak suami untuk berolah raga, mengikuti kegiatan rohani yang bisa mengisi ruang Ilahiahnya serta dengan memeriksakan kesehatan suami secara rutin. “Jadilah pendamping yang mendorong semangat kerja mereka dan hindari menjadi pendamping yang membawa beban dan terlebih menjerumuskan mereka ke perilaku tercela, karena dibalik kesuksesan suami, ada isteri yang hebat” ujar beliau yang kemudian disambut riuh tepuk tangan seluruh peserta acara.

Acara tersebut ditutup dengan ucapan selamat dari Ketua Mahkamah Agung beserta isteri diikuti oleh seluruh undangan.